Ketahuilah Tentang Varikokel , Penyebab Pria Susah punya Anak

Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah balik atau vena di buah zakar. Pelebaran pembuluh darah vena ini bisa ditemukan di anus atau sering disebut juga wasir, dan juga di kaki atau dikenal dengan varises. Hal ini ternyata mampu membuat pria menjadi sulit punya keturunan.

Menurut Dr. Ponco Birowo, SpU(K), PhD, staf Departemen Urologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, ketika dihubungi Health-Liputan6.com pada , salah satu faktor penyebabnya adalah genetik.

“Jadi bawaan, di mana pembuluh darah baliknya itu mudah melebar,” kata dr. Ponco. Selain itu, ada juga faktor pencetus, yaitu kebiasaan ngeden atau mengejan.

“Sering batuk, sering buang air besarnya keras, atau sering mengangkat-angkat yang berat, seperti olahragawan angkat berat. Tapi kalau dia tidak ada bakatnya, ya enggak akan terjadi,” kata dr. Ponco. “Jadi harus ada bakat dan faktor pencetus,” katanya

Sejauh ini, menurut dr. Ponco, tidak ada makanan atau minuman yang menyebabkan adanya varikokel ini.

Darah Kotor

Walaupun begitu, varikokel ini ternyata memiliki efek samping, yaitu sulit mendapatkan keturunan bagi pria.

“Testis itu letaknya di bawah bukan di dalam perut. Kenapa? Karena untuk pembentukan sperma, suhunya harus 2-4 derajat lebih dingin. Jadi semua yang memanaskan buah zakar itu akan mengganggu pembentukan sperma,” kata dr. Ponco.

“Darah itu membawa panas badan kita, jadi kalau pembuluh darahnya melebar, darah relatif lebih banyak di situ. Karena darah lebih banyak, menyebabkan suhu badan meningkat,” kata dr. Ponco. Apabila ini terjadi, menurut dia, akan ada protein yang tidak bekerja di testis dan menyebabkan gangguan pada pembentukan sperma.

Selain itu, apabila terjadi pelebaran pembuluh darah, akan terjadi gangguan pada katup pembuluh darah balik. Darah yang seharusnya mengalir dari bawah ke atas, ada terjadi aliran balik yang membawa darah kotor yang seharusnya dibuang. Ini menyebabkan darah kotor beredar lebih lama di buah zakar.

“Kalau buah zakar terisi darah kotor semua, dia akan kekurangan oksigen, kekurangan makanan, jadi nanti gangguan pembentukan sperma.”

Selain itu, rasa nyeri bisa ditimbulkan dari kurangnya oksigen akibat sulitnya darah bersih masuk.

Tidak Disadari

Walaupun begitu, ada varikokel yang tidak disadari. Baru disadari ketika orang tersebut tidak memiliki keturunan setelah lama menikah, atau ketika ikut dalam tes masuk militer atau kepolisian. Selain itu, varikokel juga baru disadari ketika ada benjolan lebih di buah zakar.

Sayangnya, satu-satunya cara untuk menyembuhkan varikokel ini adalah dengan operasi.

“Operasinya, operasi kecil. Jadi pembuluh darah baliknya kita ikat.”

Salah satu cara mencegahnya adalah mengurangi mengejan, memakan banyak buah dan apabila memiliki kebiasaan olah raga angkat berat, harus mengganti olah raga tersebut dengan yang lebih ringan seperti berenang.

Walaupun begitu, menurut dia, varikokel bukanlah satu-satunya hal yang membuat pria sulit punya keturunan.

INFOHARI.com © 2014