5 Manfaat kesehatan kerja sambil dengerin musik, ternyata penting lho

foto: reader's digest

foto: reader’s digest

 

Musik sering dijadikan pelarian saat seseorang merasa jenuh atau stres. Bahkan tak sedikit yang memutuskan untuk mendengarkannya kala bekerja, di kantor atau kerja lapangan sekali pun.

Kenyataannya musik memang sudah menjadi bagian masyarakat di kehidupan sehari-hari. Ketika seseorang bekerja dengan masalah yang serius, mendengarkan musik sambil kerja juga bukanlah hal yang aneh. Ya kan?

Nah, tapi ternyata mendengarkan musik sambil bekerja itu sangat bermanfaat untuk kesehatan lho.. Kamu sudah tahu belum nih?

Kalau belum, sila simak penjelasannya di bawah ini, 5 manfaat kesehatan mendengarkan musik sembari bekerja, seperti dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (18/4):

 

1. Meningkatkan produksi hormon dopamin.

foto: pixabay.com

foto: pixabay.com

 

Melodi dari musik yang kamu dengarkan tentu saja dari musik yang kamu sukai. Nah, melodi ini diyakini dapat meningkatkan produksi hormon dopamin, yang berperan dalam pusat kenikmatan otak.

Dengan meningkatnya kadar dopamin, mood kamu juga akan ikut meningkat. Hal ini terjadi pula dengan kesenangan yang dirasakan saat kamu mengobrol santai dengan teman lamamu mau pun menikmati makanan favoritmu.

 

2. Menetralisir polusi suara sekitar.

foto: pixabay.com

foto: pixabay.com

 

Selain dapat meningkatkan hormon dopamin, mendengarkan musik saat bekerja ternyata juga bermanfaat untuk menetralisir polusi suara keramaian di sekitar. Dengan demikian polusi suara tidak merusak konsentrasi meski sebenarnya keadaan sekitar sedang tidak kondusif.

 

3. Meredakan rasa sakit.

foto: pixabay.com

foto: pixabay.com

 

Penelitian di University of Utah Pain Research Center mengungkap bahwa mendengarkan musik bisa membantu partisipan untuk menurunkan rasa sakit dan nyeri. Ini disebut dengan pengalihan, musik ditengarai bisa membuat partisipan melupakan rasa sakit fisik mereka.

 

4. Memperkuat daya ingat seseorang.

foto: pixabay.com

foto: pixabay.com

 

Berdasarkan penelitian dari Hong Kong, musik bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan otak anak-anak. Partisipan yang mengambil kelas musik diketahui memiliki nilai yang lebih baik dalam tes daya ingat dibandingkan partisipan yang tidak mendengarkan musik.

 

5. Memperpanjang usia otak manusia.

foto: pixabay.com

foto: pixabay.com

 

Berdasarkan survei yang dilakukan pada tahun 2001, orang yang sering mendengarkan musik memiliki otak yang lebih tajam. Penelitian dari University of Kansas Medical Center menemukan bahwa orang yang terkait dengan musik, seperti belajar musik dan terbiasa mendengarkan musik memiliki otak yang lebih awet muda dibandingkan dengan orang yang tidak menyukai musik.

Jadi gimana guys, sudahkah kamu mendengarkan musik hari ini?

 

Sumber: brilio.net

INFOHARI.com © 2014